Minggu, 22 September 2019

Kajian Tadabur Juz 'Amma masuk di surat 'Abasa





Kajian Tadabur Al-Qur'an
dengan sentuhan tafsir tematik

Mengkaji Juz 'Amma
Untuk pondasi keimanan

Alhamdulillah telah menamatkan surat An-Naba dan An-Nazi'at. Kini masuk ke surat 'Abasa.

Seperti keumuman tema pembahasan di juz 'amma, yaitu mengokohkan keyakinan terhadap enam rukun iman, dalam surat 'Abasa ini juga berisikan tema kerasulan dan hari akhir.

Di awal-awal surat ini, dari ayat 1-10 berisi kisah seorang yang buta, yaitu Abdullah bin Ummi Maktum yang datang kepada Nabi saw dalam rangka ingin mempelajari apa yang diturunkan kepada beliau. Namun karena Rasul saw sedang sibuk mendakwahi para pembesar Quraisy yang kafir, beliau sempat berwajah masam, cemberut, tanda kekurangsukaan, meskipun hal itu sama sekali tidak berpengaruh pada jiwa ibnu Ummi Maktum karena tidak melihatnya. Sikap inilah yang ditegur dalam rangkaian ayat ini.

Banyak pelajaran dari ayat-ayat ini. Diantaranya menunjukkan Al-Qur'an benar-benar wahyu dari Allah, kema'shuman rasul karena salah sedikit saja langsung ditegur, agama Islam untuk semua manusia tanpa membedakan status sosial mereka, menunjukkan keadilan Islam, yang membedakan derajat di sisi Allah hanya ketakwaan, semangat untuk belajar Islam dari teladan semangat Ibnu Ummi Maktum meski dalam keadaan buta, belajar didorong rasa takut kepada Allah, dsb..dsb..

Simak uraiannya dan ikuti terus kajiannya. Audio rekamannya bisa didapatkan di :

Channel telegram :

t.me/kajiantadaburalquran

Akan di upload juga di channel youtube :

https://www.youtube.com/playlist?list=PLfS6PEzQPXtn8ddlku1_NhHoKeCkidAQG

Dan di blog :

https://muhaatim.blogspot.com/2019/09/kajian-tadabur-al-quran-dengan-sentuhan.html?m=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar