Senin, 23 Maret 2020

Profil

Muhammad Atim, lahir di Karawang, 20 Juli 1988. Mengenyam pendidikan agama di Madrasah Tsanawiyyah Lampu Iman Karawang, Mu’allimin Pesantren Persatuan Islam No.99 Rancabango Garut, I’dad dan Takmili Lipia Jakarta dan Fakultas Syari’ah Ta’lim ‘an bu’d Jami’ah Imam Muhammad bin Su’ud Al-Islamiyyah Riyad Saudi Arabia. Menikah dengan Halida Agnia, saat ini dikaruniai seorang putri bernama Afiya Nafisah.
Aktifitas saat ini sebagai pengajar di Pesantren Persatuan Islam no. 27 Situ Aksan Bandung program khusus Tafaqquh fiddin di tingkat Tsanawiyyah, Mu’allimin dan Pesantren Umum pada bidang studi ilmu Balaghah dan Ushul Fiqih. Juga di pesantren lain pada bidang studi Sirah Nabawiyyah dan Alfiyah Ibnu Malik. Penulis juga aktif mengembangkan berbagai disiplin ilmu syar’i dengan merintis Markaz Ilmu Syar’i, sebagai sebuah pusat pengkajian, penelitian dan pembelajaran ilmu-ilmu syar’i yang disusun secara sistematis, terintegrasi dan komprehensif mencakup berbagai disiplin ilmu syar’i dengan pendalaman bahasa Arab sebagai ilmu alat. Menggabungkan antara ta’shil (pemurnian) dan tajdid (pembaharuan) keilmuan, yang berusaha menampilkan Islam sebagai solusi bagi permasalahan kehidupan dan peradaban.
Program-program pembelajaran yang telah dilakukan oleh Markaz Ilmu Syar’i adalah pembelajaran bahasa Arab baik kaidah-kaidahnya seperti Nahwu-Sharaf dengan Metode Teori Kunci Membaca dan Memahami Arab Gundul (buku ini sebagai panduannya), kemahiran berbicara bahasa Arab, praktek membaca kitab gundul, mengkaji kitab-kitab ulama seperti tafsir, syarah hadits, aqidah, adab, fiqih, ushul fiqih, muqaddimah berbagai ilmu syar’i dan sebagainya.
Selain itu, penulis melalui brand Markaz Ilmu Syar’i berusaha menerbitkan karya-karya yang bermanfaat untuk umat, khususnya dalam rangka memahami ajaran-ajaran Islam secara lebih mendalam. Buku yang telah ditulis diantaranya adalah Ringkasan Sirah Nabawiyyah, Ringkasan Ilmu Balaghah, Kitab Ta’bir 3 Jilid, Muthala’ah, Kumpulan Pidato Menggugah, Kamus Mufrodat Dasar, Bahasa Arab Dasar, Metode Teori Kunci Membaca dan Memahami Arab Gundul, dan buku-buku lain yang sedang dalam proses penulisan.
Penulis dapat ditemui di dunia maya melalui web : muhaatim.blogspot.com, FB, IG, Channel Youtube : Muhammad Atim, juga FB, IG : @markazilmusyari dan Channel Telegram : t.me/markazilmusyari 
Penulis saat ini tinggal di Cimahi Utara, Kota Cimahi Jawa Barat 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar