Kamis, 05 Juli 2018

Syarah Hadits Arba'in Nawawi


Imam Nawawi rahimahullah meski usianya tidak panjang, hanya berusia 45 tahun (lahir 631 H, wafat 676 H), namun beliau telah meninggalkan karya yang sangat bermanfaat bagi kaum muslimin. Cukup banyak karya yang telah beliau torehkan, sebagai buku panduan dalam memahami syariat Allah SWT. Hingga hari ini karya-karyanya masih terus dimanfaatkan. Dari mulai yang terkecil; 42 kumpulan hadits tentang dasar-dasar agama yang dikenal dengan Arba'in Nawawiyah, begitu pula Riyadhus Shalihin kumpulan hadits-hadits tentang akhlaq dan adab, tak ada satu rumah pun dari kaum muslimin yang ingin memahami agamanya kecuali ada dua kitab tersebut. Usia beliau boleh pendek, tetapi usia karyanya begitu panjang dan terus mengalirkan pahala.

Kitab hadits Arba'in Nawawi sangat cocok bagi kita semua untuk mempelajari pemahaman dasar Islam yang dirumuskan dalam hadits-hadits. Terlebih jika kita mampu menghapalkannya.

Di antara syarah (penjelasan) hadits Arba'in Nawawi yang paling bagus adalah yang ditulis oleh seorang ulama yang banyak menguasai berbagai bidang ilmu syariat, yaitu Ibnu Daqiqil 'Ied (625-702 H). Kitab syarahnya ini cukup ringkas merangkum penjelasan inti dan pemahaman yang cukup terhadap hadits-hadits tersebut. Kitab inilah yang sedang dibahas dalam program Praktek Baca Kitab (PBK) online, yang merupakan salah satu program dari Akademi Ilmu Syar'i. Untuk info program PBK silahkan klik di sini

Kajiannya secara rutin juga bisa diikuti di channel Youtube berikut ini, klik di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar