Selasa, 31 Desember 2019

Buku Metode Teori Kunci Membaca & Memahami Arab Gundul



BUKU METODE TEORI KUNCI MEMBACA & MEMAHAMI ARAB GUNDUL

Berisi 20 sesi materi kaidah-kaidah kunci ilmu Tashrif dan Nahwu serta penerapannya dalam praktek membaca dan menerjemah Arab gundul.

Apa yang saya tawarkan dalam buku ini?

Buku ini berisi tiga langkah mahir dalam kemampuan membaca dan memahami Arab gundul. Yaitu menentukan bentuk kata, menentukan kedudukan kata dalam struktur kalimat dan menerjemahkan sesuai prinsip-prinsip penerjemahan.

Mempelajari ilmu Tashrif dan ilmu Nahwu secara bertahap, dengan mengenal pembentukan kata, pola-pola pecahan suatu kata dan melakukan penelusuran terhadap pola-pola tersebut. Kemudian pembentukan kalimat dengan mengetahui kedudukan kata dan fungsinya dalam struktur kalimat

Memahami seluruh pola struktur kalimat dalam bahasa Arab yang terbagi kepada kalimat pokok (umdah) dan kalimat pelengkap (fadlah), dan memahami secara lebih jelas setiap kedudukan kata dan fungsinya. Dengan ini diharapkan dapat lebih paham dalam menentukan kedudukan i'rob setiap kata

Kaidah-kaidah yang disusun diarahkan agar pembaca/peserta pembelajaran memiliki kemampuan dalam membaca dan memahami Arab gundul. Setiap teori yang dibahas tidak dilepaskan dari penerapannya berupa contoh-contoh dan latihan-latihan. Teori dan praktek disajikan secara beriringan.

Mencakup seluruh pemahaman dasar yang diperlukan untuk dapat memiliki kemampuan membaca dan memahami Arab gundul.

Selain disajikan pola pembentukan kata, struktur kalimat dan kedudukan kata, juga disajikan uslub (gaya bahasa) dalam ilmu Nahwu yang berpengaruh terhadap penentuan i'rob kata dan terhadap penerjemahan. Selain itu, disajikan pula faidah makna dari bab-bab tashrif dan ragam makna huruf-huruf, yang juga sangat berpengaruh terhadap penerjemahan.

Penulis : Muhammad Atim
Penerbit : Mega Rancage, Bandung
251 Halaman
Soft cover
Kertas putih
Harga Rp. 85.000,- belum termasuk ongkir

Order silahkan klik link di bawah ini :
https://bit.ly/2Q8BpJC

Latar belakang lahirnya buku Metode Teori Kunci Membaca & Memahami Arab Gundul

Sejak mengenal ilmu-ilmu Islam dan bahasa Arab di Tsanawiyyah, saya ingat pertama kali yang diajarkan saat itu tentang dhamir-dhamir. Saya disuruh menghapal huwa-huma-hum..dst dengan mengitung ruas jari satu tangan yang jumlahnya sama dengan jumlah dhamir. Lalu mengenal huruf, kata dan kalimat dalam bahasa Arab. Perlahan terus terpupuk ketertarikan dalam diri untuk dapat memahami dan menguasai bahasa Arab. Banyak literatur Islam yang perlu digali dengan bahasa Arab. Dengan tekad, kecintaan dan keakraban, bahasa Arab menjadi tidak asing lagi. Kitab-kitab gundul para ulama pun mulai dilirik. Ketika mencoba memaksakan diri membaca, awalnya banyak yang tidak mengerti, tapi perlahan kemampuan itu terus terasah.

Maka tidak heran ketika mulai terjun mengajar di pesantren, tekad untuk mengakrabkan santri dengan bahasa Arab bahkan menargetkan mereka untuk paham dan mampu membaca Arab Gundul terus menggebu. Tidak hanya itu, tekad yang lebih besar pun muncul, ingin mengajak umat secara lebih luas untuk melek bahasa Arab dan memiliki kemampuan untuk membaca dan memahai Arab gundul. Karena itu adalah kunci untuk memahami Islam lebih mendalam. Jika mereka mampu menggali ilmu Islam lebih dalam, lalu beramal lebih berkualitas, maka kekuatan umat semakin bangkit serta peradaban akan lebih maju.

Maka sekitar tahun 2017, saya mulai mengadakan kajian-kajian kitab secara terbuka. Awalnya untuk para pembimbing di pesantren. Kemudian meluas membuka secara online. Dan tak disangka, ternyata cukup banyak peminat yang mengikutinya, banyak peserta yang bermunculan dari berbagai daerah di Indonesia, khususnya untuk mengasah kemampuan membaca dan memahami Arab gundul.

Saat mereka dibimbing untuk praktek membaca kitab, ternyata masih banyak yang merasa kesulitan, meskipun telah mempelajari teori Nahwu Sharaf. Maka saya berpikir, bagaimana cara lebih mudah untuk memahami teori-teori Nahwu Sharaf tersebut dan bagaimana trik-trik menerapkan teori tersebut ke dalam praktek. Mereka merasa kesulitan dalam menentukan kedudukan kata di suatu kalimat padalah mereka telah mempelajari kedudukan tersebut. Dari sana saya mulai memberikan teori-teori kunci untuk dapat membaca dan memahami Arab gundul secara perlahan untuk dapat membantu mereka. Kesulitan mereka dalam menentukan kedudukan kata, karena mereka mempelajarinya tidak dengan memahami secara utuh struktur kalimat. Maka struktur kalimat saya berusaha mengupasnya secara tuntas dengan menyesuaikan padanannya dalam bahasa Indonesia agar dapat dipahami. Memahami makna setiap kata dan kedudukan i'robnya di dalam suatu struktur kalimat, itu sangat berkaitan sehingga dapat menyingkap satu sama lain. Maka saya mulai mengumpulkan teori-teori kunci yang telah saya teliti dan ajarkan tersebut, kemudian disusun tahap-tahap pembelajarannya secara lebih rapih, dan saya anggap ini menjadi sebuah metode. Maka di bulan Desember 2019, alhamdulillah dengan izin Allah, inayah dan bimbingan-Nya dapat diselesaikan buku Metode Teori Kunci Membaca & Memahami Arab Gundul dan diterbitkan.

Mengurai Ketidakpahaman terhadap Nahwu Sharaf

Ketika saya mempelajari ilmu Tashrif dan ilmu Nahwu, ada beberapa hal yang belum terurai dengan jelas sehingga menyisakan ketidakpahaman. Diantaranya :
- bagaimana membedakan kata yang jamid dan musytaq
- bagaimana memahami keseluruhan perubahan kata dalam ilmu tashrif terutama kaidah kunci untuk memahami bentuk mudha'af dan mu'tal
- penguasaan isim mabni secara lebih lengkap
- bagaimana memahami dan menentukan i'rob isim dan khobar La yang beragam, begitu pula mustatsna dan munada
- bagaimana membedakan maf'ul liajlih dan hal
- bagaimana membedakan antara badal dan 'athfu bayan
- bagaimana memahami maf'ul ma'ah
- bagaimana memahami i'rob gaya bahasa (uslub) seperti pertanyaan, syarat, dsb.
- Dll
- Terutama yang paling inti bagaimana memahami struktur kalimat secara komprehensif sehingga seluruh unsur kata dapat dipahami dengan jelas. Ini yang belum banyak dibahas di dalam buku-buku ilmu Nahwu. 
Maka lahirnya buku Metode Teori Kunci Membaca & Memahami Arab Gundul adalah hasil penelitian dan penelusuran saya terhadap beragam rujukan utama ilmu Tashrif dan Nahwu untuk mengurai hal-hal yang belum jelas di atas. Semoga Allah SWT menerimanya sebagai amal shaleh yang bernilai pahala dan manfaat yang besar. Aamiin ya Rabbal 'alamin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar