Kamis, 05 Juli 2018

Kajian Tafsir At-Tahrir wat Tanwir






Mengkaji kitab Tafsir At-Tahrir wat Tanwir Karya Syekh Al-'Allamah Thahir Ibnu 'Asyur (1296-1394 H / 1879-1973 M) dari Tunisia.


Ini adalah kitab tafsir kontemporer yang sangat bagus dan menarik. Kitab ini cukup tebal karena memuat berbagai bidang ilmu dan mencerminkan kekayaan ilmu dari penulisnya. Dimana beliau selain sebagai mufasir, beliau juga seorang faqih, mufakkir (ahli pemikiran Islam) dan adiib (sastrawan), bahkan beliau seorang qadhi dan mujaddid. 

Beliau menganalisis tafsir-tafsir klasik baik dalam bidang tafsir bir-riwayah seperti Ibnu Athiyyah dan Ath-Thabari, maupun tafsir bid-diroyah seperti Al-Kasyaf karya Az-Zamakhsyari, Mafatihul Ghaib, Al-Baidhowi, Al-Qurthubi dan Al-Alusi. Selain itu beliau juga memberikan pembaharuan penafsiran melalui berbagai bidang ilmu, dan secara khusus beliau menyuguhkan kemukjizatan bahasa Al-Qur'an melalui analisis ilmu balagoh dalam setiap ayatnya, dan korelasi antara ayat, sehingga antara satu ayat dengan lainnya terasa menjadi suatu keterikatan dan kesatuan. 

Apa yang beliau tulis betul-betul mencerminkan penamaan yang beliau berikan pada kitab tafsirnya "Tahrir al-ma'na as-sadid wa tanwiru al-'aqli al-jadid min tafsiri al-kitab al-majid" (Analisis makna yang tepat dan pencerahan akal baru dari tafsir kitab yang mulia) yang kemudian disingkat menjadi At-Tahrir wat Tanwir.

Silahkan ikuti kajiannya di channel Youtube berikut in, klik di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar