Kamis, 05 Juli 2018

Kajian Kitab Bidayatul Mujtahid wa Nihayatul Muqtashid


Memahami akar perbedaan pendapat para ahli fiqih

Kitab yang dianggap paling bagus dalam ilmu Fiqih Al-Muqorin (perbandingan) adalah kitab Bidayatul Mujtahid wa Nihayatul Muqtashid karya Ibnu Rusyd Al-Qurthubi (520-595 H / 1126-1198 M)

Keahlian beliau dalam memetakan perbedaan pendapat di kalangan para ulama sejak zaman sahabat hingga zaman tersebarnya taqlid, dan tidak terbatas kepada empat madzhab saja, melainkan disebutkan pula pendapat para ulama yang lain.

Disertai dengan disebutkannya akar dari perbedaan pendapat tersebut dengan merujuk kepada dalil, menjadi keistimewaan tersendiri bagi kitab ini. Selain memang beliau juga ahli mantiq dan filsafat sehingga dapat kita rasakan dalam untaian kata-katanya yang sarat ilmu logika.

Tujuan kitab ini disusun adalah untuk menghilangkan sikap taqlid dan fanatik terhadap madzhab tertentu serta membuka pintu ijtihad dengan merujuk langsung kepada dalil, tentu mesti disertai ilmu-ilmu dan keahlian untuk memahaminya.

Kitab inilah yang banyak dirujuk oleh Ash-Shon'ani dalam kitabnya Subulussalam serta Asy-Syaukani dalam kitabnya Nailul Author.

Dalam muqoddimahnya Al-Qadhi Ibnu Rusyd Al-Qurthubi memberikan kata pengantar tentang tujuan dari penyusunan kitab adalah agar menguatkan ilmu pada diri beliau tentang masalah-masalah hukum syariat baik yang disepakati oleh para ulama ataupun yang diperselisihkan, memperingatkan terhadap perselisihan yang tidak bermanfaat dan sikap taklid dan fanatik terhadap madzhab tertentu serta membuka pintu ijtihad, karena ia diperlukan di setiap zaman.

Silahkan ikuti kajiannya di channel Youtube, klik di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar