Jumat, 06 Juli 2018

Kajian Kitab Taisir Ilmu Ushul Fiqih



Kitab ini adalah kitab Ushul Fiqih kontemporer yang ditulis oleh seorang ulama kelahiran Iraq tepatnya di Abul Hushaib, Bashrah tahun 1959 M, beliau adalah Dr. Abdullah bin Yusuf Al-Judayyi'. Di tempat kelahirannya itulah beliau mempelajari dasar-dasar ilmu syariat hingga usia lima belas tahun beliau menjadi imam di kota Az-Zubair selama dua tahun. Setelah itu beliau berpindah ke Kuwait, di sanalah beliau mengembangkan ilmu-ilmu syariat dan melakukan penelitian-penelitian. Beliau menetap di sana dari tahun 1978-1993 dan menjadi imam di Kementrian Wakaf dan musyrif dalam program Sunnah Nabawiyah di lembaga Sokhr. Setelah itu beliau berpindah ke Britania. Di sanalah beliau mendirikan markaz penelitian ilmiah, lalu menjadi anggota Majelis Erofa untuk Fatwa dan Penelitian, menjadi penanggungjawab umum, lalu menjadi ketua di Majelis tersebut. 

Kitab Taisir Ilmu Ushul Fiqih ini disusun secara sistematis, sistematika penyusunannya mirip dengan yang telah dilakukan oleh Syekh Abdul Karim Zaidan dalam kitab ushul fiqihnya Al-Wajiz fi Ushul Al-Fiqhi, hanya beliau mendahulukan pembahasan hukum daripada dalil. Sebagaimana beliau jelaskan di muqoddimahnya, bahwa beliau memetik karya ilmu dua ulama besar yaitu Syekh Abdul Wahab Khalaf dan Syekh Abdul Karim Zaidan rahimahumallah. Penulis menggabungkan sistematika metode penulisan Syafi'iyyah dan Hanafiyah, hanya saja dengan mempermudah penjelasan, meringkas pembahasan-pembahasan yang panjang, membuang hal-hal yang tidak ada kaitannya secara langsung dengan ushul fiqih, dan membuang riwayat-riwayat yang dinilai dhaif. 

Meskipun ringkas dan dipermudah, tetapi penulis berusaha merangkum dan menyajikan hampir seluruh pembahasan ushul fiqih. Sehingga kitab ini sangat layak bagi orang yang ingin menguasai ilmu ushul fiqih secara mudah dan dasar, karena ia berisi kunci-kunci pemahaman terhadap ilmu ushul fiqih, untuk selanjutnya melakukan pendalaman terhadap kitab-kitab induk ushul fiqih yang tebal dan luas. 

Kitab ini layak dijadikan bekal bagi seorang penuntut ilmu syar'i untuk memahami nash-nash syariat, mengamati ijtihad para ulama dalam berbagai permasalahan fiqih, serta secara perlahan melakukan proses ijtihad, yang tentunya ditopang oleh ilmu-ilmu lain yang menjadi prasyaratnya. 

Kitab ini menjadi panduan dalam program Ushul Fiqih Dasar (UFD) di Akademi Ilmu Syar'i. 

Dan bagi yang memiliki kesungguhan untuk mempelajarinya, bisa diikuti kajiannya di channel Youtube berikut ini, silahkan klik di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar