Senin, 03 April 2017

Ringkasan Ilmu Balaghah



Untuk tingkat MTs. atau Mu'allimin/Aliyah atau Mahasiswa, atau siapapun yang sedang mendalami ilmu Balagoh

Sebuah penawaran bagi yang sedang belajar-mengajar ilmu Balaghah, insya Allah buku ini layak untuk dijadikan panduan dalam pembelajaran.

Hubungi penulis WA/SMS 085320759353

SINOPSIS

Judul : Ringkasan Ilmu Balaghah
Penulis : Muhammad Atim

Balaghah adalah salah satu ilmu dalam bahasa Arab yang berisi kaidah-kaidah untuk menyusun satu perkataan dalam bahasa Arab yang efektif, indah, fasih dan berkesan di hati lawan bicara.
Kemunculan ilmu ini tidak bisa dilepaskan dari Al-Qur’an yang merupakan kitab suci penuh dengan kemukjizatan. Ilmu Balagah disusun pada awalnya untuk menyingkap kemukjizatan bahasa Al-Qur’an. Seperti karya Abu Bakar Al-Baqillani yang berjudul I’jazul Qur’an (Kemukjizatan Al-Qur’an) yang di dalamnya memuat pembahasan-pembahasan ilmu Balagah. Sehingga ilmu ini menjadi di antara syarat yang mesti dimiliki oleh seorang mufassir (ahli tafsir), karena tidak mungkin dapat memahami makna dan maksud Al-Qur’an secara benar tanpa ilmu Balagah. Oleh karena itu, bagi umat Islam yang berkewajiban untuk memahami kitab sucinya, tak dapat dilepaskan dari ilmu ini.

Banyak buku-buku tentang ilmu Balaghah yang telah disusun baik berisi nazham, ringkasan, syarah yang pendek ataupun panjang, termasuk buku yang secara lengkap memuat pembahasan-pembahasan ilmu Balaghah seperti yang terkenal adalah Al-Idhah fi Ilmil Balagah dan Al-Balagah Al-Wadhihah. Namun kendala dalam mempelajari ilmu Balagah ini, buku-buku tersebut terlalu dipenuhi dengan syair-syair sehingga menyulitkan pelajar dalam memahaminya, sehingga terkesan ilmu Balagah hanya dapat dipelajari bagi orang yang telah tinggi level belajarnya dalam bahasa Arab, seperti ia harus menguasai dahulu ilmu Nahwu dan Sharaf. Ini adalah anggapan yang kurang tepat, karena dalam ilmu khususnya ilmu syariat dan bahasa Arab ada tahapannya dari mulai yang dasar hingga yang tinggi. Ada pula buku ringkasan, tetapi tidak mencakup dasar dari seluruh bagian ilmu Balagah seperti buku Al-Mabadi fi Ilmil Balagah yang ditulis oleh A Syarief Mahmud yang hanya memuat dua ilmu besarnya saja yaitu Bayan dan Badi’. Di samping kendala bahwa buku-buku tersebut masih berupa “Arab gundul” yang menyita banyak waktu bagi pelajar pemula dalam mempelajarinya. Inilah yang mendorong saya untuk menyusun buku yang memuat dasar-dasar dalam ilmu Balagah yang mencakup seluruh pembahasannya yaitu tiga ilmu besarnya; Bayan, Badi’ dan Ma’ani, dengan memberikan terjemahnya dan sedikit penjelasannya. Buku ini saya beri nama “Ringkasan Ilmu Balaghah”.

Buku ini berisi rangkuman materi-materi dasar dalam ilmu Balaghah dan poin-poin penting yang mesti diketahui oleh pelajar pemula. Memang buku ini tidak memuat seluruh rincian pembahasan ilmu Balagah karena memang sebatas ringkasan, yang poin-poin pembahasannya adalah hasil pilihan yang paling mudah dipahami. Dengan tidak banyak memuat contoh-contoh syair, tetapi dengan kembali kepada tujuan utama dari ilmu ini yaitu memahami Al-Qur’an, maka contoh-contohnya banyak diambil dari ayat-ayat Al-Qur’an, sedangkan contoh-contoh syair hanya sedikit saja yang dimuat. Buku ini disusun dengan mendahulukan ilmu Bayan, kemudian Badi’ dan Ma’ani. Setiap pembahasannya diberikan contoh-contoh, kemudian di akhirnya diberikan latihan-latihan untuk dikerjakan.

Buku ini adalah panduan yang cocok untuk mempelajari dasar-dasar ilmu Balaghah baik bagi guru yang mengajarkannya ataupun bagi pelajar yang mempelajarinya.

2 komentar: