Selasa, 04 April 2017

BUKU PANDUAN BAHASA ARAB KEMAHIRAN BERBICARA


Bagi yang ingin memiliki buku panduan dalam pembelajaran Bahasa Arab dalam melatih kemahiran berbicara, buku ini insya Allah cocok untuk dijadikan panduan.

Para guru baik di tingkat ibtidaiyyah/SD, Tsanawiyyah/SMP, Aliyah/SMA, termasuk juga mahasiswa, yang ingin mengajarkan para muridnya berbicara bahasa Arab, buku ini berisi contoh-contoh dialog, bercerita dan deskripsi tentang berbagai tema yang dapat dipraktekkan secara aktif dalam kehidupan sehari-hari yang disusun secara bertahap.

Bagi yang berminat silahkan hubungi penulis WA/SMS 085320759353

SINOPSIS

Judul : Kitab At-Ta'bir Jilid 1,2,3
Penulis : Muhammad Atim
Halaman : 48
Harga : @Rp.25.000

Umat Islam tak dapat dipisahkan dari bahasa Arab, dimanapun mereka berada dan bahasa apapun yang mereka gunakan, bahasa Arab mesti dijadikan bahasa yang penting dalam kehidupan mereka, karena ia adalah bahasa agamanya, bahasa Al-Qur'an dan hadits, sehingga ia menjadi bahasa pemersatu umat Islam di seluruh belahan dunia, dan juga bahasa ilmu dan peradaban mereka.

Dalam mempelajari bahasa Arab, seperti halnya juga bahasa pada umumnya, tahapan yang benar dimulai dengan mendengar (istima'), kemudian berbicara (kalam), kemudian membaca (qiro'ah) dan selanjutnya menulis (kitabah).

Untuk melatih keempat kemahiran tersebut tentu membutuhkan pembiasaan, dan pembiasaan itu mesti dilakukan secara bertahap dimulai dari hal-hal sederhana sampai kepada tingkat yang tinggi. Untuk melatih pembiasaan itu, baik guru atau murid membutuhkan satu panduan pembelajaran. Untunk itulah, khususnya dalam melatih kemampuan mendengar dan berbicara, buku ini disusun. Disamping juga, dengan bimbingan guru, melalui buku ini santri dapat dilatih membaca yang baik serta dalam proses akhir mereka dilatih untuk menuliskannya.

Buku ini berisi contoh-contoh dialog, cerita, dan deskripsi tentang tema-tema sehari-hari yang disajikan secara bertahap. Diawali dengan penyebutan poin-poin tujuan pembelajaran melalui buku ini, kemudian di setiap tema disebutkan terlebih dahulu beberapa kosa kata (mufrodat) yang mesti diketahui dahulu sebelum memahami suatu dialog atau teks bacaan. Buku panduan ini terdiri dari tiga jilid, di setiap jilidnya terdiri dari 30 tema pembahasan, dan jika dalam satu jilid ditargetkan untuk pembelajaran satu tahun maka dalam setiap semesternya diajarkan 15 tema pembahasan. Dan jika lebih fokus, dapat diselesaikan lebih cepat dari itu.

Untuk menunjang dalam praktek pembiasaannya sehari-hari, dalam buku ini disajikan pula mufrodat harian, yang dihapalkan setiap harinya 5 mufrodat, bisa diulang dalam dua hari jika terlalu berat, intinya tergantung kesiapan. Mufrodat itu disusun untuk memudahkan dalam pengembangan bahasanya sehari-hari, makanya lima mufrodat itu dipilih yang berkaitan erat sehingga dapat dipraktekkan. Sebagai tambahan, dimuat juga kosa kata bahasa inggrisnya dalam mufrodat harian tersebut.

Buku panduan ini dinamakan dengan Kitab At-Ta'bir, yang berarti buku yang berisi pengungkapan, maksudnya melatih untuk mengungkapkan dengan bahasa Arab.

Jilid pertama

Dalam jilid pertama, disajikan tema-tema dasar berbentuk dialog dan pengungkapan sederhana seperti apa yang diucapkan dalam perkenalan, kemudan penggunaan kata-kata tanya, kata tunjuk (isyarah), kata-kata untuk memberitahukan, dengan menggunakan kata-kata benda yang biasa dilihat sehari-hari baik di dalam kelas, rumah, dan di halaman sekitar, begitu juga tema-tema yang berisi sifat-sifat, warna-warna, bentuk-bentuk, anggota tubuh manusia, penggunaan waktu, penggunaan bilangan dasar, nama-nama hewan dan tumbuhan, serta identitas diri dan keluarga.

Jilid kedua

Dalam jilid kedua, disajikan tema-tema yang berkaitan dengan aktifitas keseharian di lingkuangan sendiri, khususnya kalau di pesantren tak jauh dari asrama, masjid dan kelas. Tema-temanya berkaitan dengan apa yang dibicarakan ketika bangun, kemudan berisap-siap sekolah, di kamar mandi, bersih-bersih, makan, belajar, menghapal Al-Qur'an, sholat, dan seterusnya termasuk juga olah raga, berkunjung dan melakukan rihlah pendek.

Jilid ketiga

Dalam jilid ketiga, disajikan tema-tema yang lebih luas, yaitu sudah mulai ke wilayah di luar lingkungan seperti di pasar, berkenaan dengan rumah tempat tinggal, bepergian, teknologi, liburan, momen khusus seperti musyawarah, diskusi tentang suatu tema, acara-acara, keorganisasian, peristiwa tertentu yang mengesankan, begitu pula cara-cara membuat surat, riwayat pendidikan, meringkas suatu buku yang dibaca, berita, dan juga tema-tema wawasan yang dapat diamalkan seperti berbakti kepada orang tua, menjelaskan tentang pesantren, pentingnya bahasa Arab, tentang Indonesia, pernyataan sebagai seorang muslim, dan berpegang teguh kepada Al-Quran dan Sunnah.

Dibanding buku yang sudah ada dalam pembelajaran bahasa Arab seperti Silsilah fi ta'lim Al-'Arobiyyah, Al-'Arobiyyah lin-nasyi'in begitu pula Al-'Arobiyyah baina yadaika, adalah buku ini lebih fokus dalam pengungkapan-pengungkapan yang biasa dipraktekan sehari-hari, dalam latar kepesantrenan dan keindonesiaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar