Selasa, 04 April 2017

BUKU KUMPULAN PIDATO MENGGUGAH ARAB-INDONESIA



Dalam pembelajaran bahasa, melatih kemampuan berpidato tak bisa dianggap sepele, karena melaluinya bahasa menemukan tempatnya sebagai perantara menyampaikan perasaan, pemikiran, sekaligus tentu da'wah menyampaikan kebenaran. Bahasa menjadi bercita rasa di sana. Untuk itu diperlukan suatu panduan dalam merealisasikannya. Untuk itulah buku ini lahir.

Buku ini sangat cocok bagi siapapun dalam melatih kemampuan berpidato baik dalam bahasa Arab, Inggris maupun bahasa Indonesia.

Bagi yang minat silahkan hubungi penulis WA/SMS 085320759353

SINOPSIS 

Judul : Kumpulan Pidato MenggugahArab-Indonesia
Penulis : Muhammad Atim

Halaman :80
Harga : Rp.40.000

Pidato adalah suatu keterampilan yang menjadi ajang saling menasihati, beramar ma’ruf nahi munkar, menyampaikan gagasan pemikiran, menanamkan keyakinan, bahkan menggugah kesadaran dan menggerakan tindakan. Bagi agama Islam, pidato adalah syiar dan bagian da’wah yang tak bisa dilepaskan. Maka sudah menjadi suatu keharusan bagi pelajar muslim baik di pesantren, madrasah, maupun sekolah umum untuk memiliki keterampilan ini, agar mampu menyampaikan risalah agamanya. Terlebih sifat agama Islam yang universal, pesan-pesannya mesti mampu disampaikan dengan bahasa apapun, khususnya bahasa perekat muslimin yaitu bahasa Arab, bahasa Inggris sebagai bahasa internasional dan tentu bahasa Indonesia sebagai bahasa bangsa kita.

Di antara kendala bagi para pelajar muslim yang ingin melatih keterampilan ini adalah minimnya teks yang menjadi bahan pidato, khususnya yang memuat tema-tema inti dan populer dari ajaran Islam yang disajikan dengan bahasa lisan yang menggugah dan dapat menyentuh permasalahan dalam realita. Untuk itulah buku Kumpulan Pidato Menggugah ini dihadirkan. Ketika umumnya teks-teks bahan pidato di buku-buku kumpulan pidato yang ada, lebih sering menggunakan bahasa tekstual sehingga menjadi kesulitan bagi pelajar untuk mengekspresikannya dalam bentuk pidato. Dalam buku ini, penulis berusaha menyajikan tema-tema inti dan populer dari ajaran Islam dengan bahasa lisan yang menggugah.

Penulis berusaha menyusun rangkaian kata dalam bahan pidato ini dapat menggugah, dalam arti membangkitkan kesadaran, yaitu dengan bahasa yang mengajak pendengarnya untuk membuka pikiran, merangsang mereka untuk ingin tahu, serta mengajak mereka untuk sadar dengan permasalahan yang terjadi dalam realita dan mengetahui solusi Islam dalam menjawab permasalahan tersebut. Tentu dengan memberikan pemahaman yang benar terhadap hakikat yang disampaikan, selalu berpijak kepada argumentasi yang kuat baik dari dalil-dalil Al-Qur’an, Hadits yang shahih, pilihan pendapat dan kata-kata bijak para ulama, dan juga fakta-fakta sejarah yang diperlukan. 

Sistematika penyusunan buku ini diawali dengan memberikan contoh-contoh pendahuluan yang mesti dilakukan yang mencakup hamdalah, kemudian syahadat dan shalawat, contoh-contoh cara membuka sebelum masuk kepada tema pembahasan, serta contoh-contoh penutupan, dan juga dilengkapi dengan teks pembawa acara yang dibedakan antara laki-laki dan perempuan. Setelah itu disajikan isi bahan pidato yang berjumlah 16 tema pembahasan, yang disusun per-bahasa diawali dengan tema-tema berbahasa Arab terlebih dahulu kemudian bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Jika pembaca ingin mencocokkan tema dari ketiga bahasa tersebut, hendaklah ia mencocokkan sesuai nomor urutnya. 

Teks-teks pidato dalam buku ini disusun secara bertahap dari yang pendek hingga yang panjang. Tema-temanya pun disusun secara bertahap dari yang sederhana seperti menuntut ilmu, Iman, Islam, adab, Rasulullah saw, Bahasa Arab hingga yang berat seperti Jihad, kepemimpinan, perempuan dalam Islam dan peradaban Islam. 

Buku ini sangat cocok dijadikan panduan dalam melatih kemahiran pidato baik bagi pelajar Islam yang punya semangat dalam mengemban risalah agamanya, maupun bagi guru yang mengajarkannya, termasuk pula kaum muslimin secara umum yang ingin mengetahui tema-tema ajaran Islam yang populer dan menjadikannya sebagai bahan da’wah.

1 komentar: