Selasa, 10 September 2019

Dauroh Siroh Nabawiyyah - Sesi 3 

Dauroh Siroh Nabawiyyah Sesi 3 

Ahad, 8 September 2019

Di Masjid Al-Hidayah, Perumahan Cipageran Asri, Cimahi Utara, Kota Cimahi Jawa Barat

Masa Kenabian, Periode Da'wah di Mekkah tahun 7-13 Kenabian

Bertambah kuatnya kaum muslimin dengan masuk Islamnya Hamzah dan Umar, tidak membuat surut usaha orang-orang kafir. Kali ini mereka punya strategi untuk mengurung/memboikot Rasulullah saw dan keluarganya (Bani Hasyim & Bani Abdul Muttalib) di Syi'ib Abu Thalib.

Tiga tahun sejak tahun 7 mereka dikurung, tidak boleh berinteraksi, jual-beli, menikah, dll hingga memakan dedaunan dan kulit binatang hingga kelaparan.

Tahun sepuluh keluar dari pemboikotan, bukan selesai ujian, justru di tahun inilah puncak kesedihan sehingga disebut dengan tahun kesedihan. Wafatnya Abu Thalib, Khadijah, orang kafir semakin berani menyakiti Rasul dan sahabat, da'wah ke thaif ditolak.

 Namun setelah itu harapan baru muncul, setelah menikah dgn Saudah lalu Aisyah, dihibur dengan Isro Mi'roj, ada 5 orang luar Mekkah masuk Islam, 6 pemuda Madinah masuk Islam sebagai cikal bakal tersebarnya Islam di Madinah, yang menyusul setelahnya Bai'at Aqobah 1 dan 2, artinya mereka telah siap menyambut jika Rasul dan sahabat hijrah.

Pemaparan materi, lalu nonton dan bedah film, disusul tanya jawab hingga adzan Zhuhur, selesailah sesi ke 3 ini. Alhamdulillah











Tidak ada komentar:

Posting Komentar