Sabtu, 14 September 2019

Syarah Hadits Arba'in Nawawi 5 Ulama



Dalam rangka mengajak umat untuk akrab dengan kitab-kitab ulama serta bahasa Arab yang merupakan bahasa sumber ajaran Islam, selain kajian malam Jum'at yang masih membahas berbagai disiplin ilmu syar'i untuk pengenalan, program NGAJI KITAB ULAMA juga diadakan setiap Sabtu pagi pukul 09.00 sd 10.00, yang membahas kitab-kitab untuk pemahaman dasar, meliputi :

Sabtu 1 : Tafsir As-Sa'di
Sabtu 2 : Syarah Arba'in 5 ulama
Sabtu 3 : Tadzkirotus Sami' wal Mutakallim
Sabtu 4 : Qashashul Anbiya

Sabtu, 14 September 2019 merupakan Sabtu kedua, dimulailah kajian Syarah hadits Arba'in Nawawi yang disyarah oleh 5 ulama.

Di pertemuan pertama ini dibahas muqoddimah imam Nawawi rahimahullah tentang penyusunan kitab Hadits Arba'innya ini.

Apa yang mendorong imam Nawawi menyusun kitab hadits arba'in ini?

Kata arba'in artinya adalah 40. Namun isi hadits arba'in Nawawi ini ada 42 hadits. Penggunaan istilah arbain ini telah lazim di kalangan ulama, sebagai bilangan secara global walaupun pada kenyataannya bisa lebih atau kurang.

Penyusunan 40an hadits ini sudah menjadi tradisi para ulama sejak zaman tabi'in, disinyalir bahwa orang yang pertama kali melakukannya adalah Abdullah bin Mubarok rahimahullah.

Di antara mereka ada yang menyusunnya berkenaan dengan aqidah, ada juga tentang fiqih, jihad, adab, khutbah, dll. Tetapi imam Nawawi memilih tema yang lebih penting dari itu semua, yaitu beliau memilih hadits-hadits yang menjadi dasar atau kaidah bagi seluruh permasalahan agama Islam.
Kajian kitab ini menjadi sangat penting bagi kita agar kita memiliki pemahaman secara mendasar dan komprehensif bagi seluruh permasalahan agama.

Pemaknaan setiap kosa kata, penjabaran maksud dan telisik terhadap faidah-faidahnya disuguhkan sekitar satu jam yang disambung dengan sedikit tanya jawab.

Kami sangat berharap ikhwah sekalian bisa menghadiri majelis kajian ini, agar secara bersama-sama kita belajar. Untuk kembali kepada Islam, kembali memahami Islam secara mendasar, di tengah terjangan firnah akhir zaman yang semakin menderas.

Rekaman audio kajiannya bisa disimak di

Channel telegram :
t.me/halaqohkajianturats

Channel youtube :
https://youtu.be/QUXhlZKWvv4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar