Kamis, 25 Juli 2019

Majelis Shahih Bukhari

 Ada perubahan waktu jadi malam senin 19.30 sd 21.00

Majelis Shahih Bukhari

#1 "Niat Hijrah"

Kemuliaan dan keajegan umat Islam di atas jalan yang benar adalah dengan berpegang teguh kepada Al-Qur'an dan As-Sunnah. Dua wahyu ini, abadi kemu'jizatannya. Tak pernah usang dan dirubah oleh perguliran zaman. Yang terpenting dari kemu'jizatannya, bahwa setiap susunan kalimat, kata dan bahkan huruf-hurufnya, baik dalam ayat-ayat Al-Qur'an maupun matan-matan hadits, mampu memberikan sentuhan pada jiwa manusia, membimbing dan memberi petunjuk dalam seluruh dimensi kehidupan, dan memberikan solusi bagi setiap permasalahan apapun yang ditemui oleh manusia. Maka, tak ada kata dan kalimat dari manusia maupun makhluk lainnya yang mampu menandingi keduanya.

Di dalam surat Al-Hujurot, yang berisi pilar-pilar tegaknya suatu masyarakat, Allah menegaskan di ayat pertama, bahwa masyarakat akan tegak jika berpegang kepada kedua wahyu ini, tidak mengabaikannya dengan ungkapan "mendahului Allah dan rasul-Nya. "Wahai orang-orang beriman! Janganlah kalian mendahului Allah dan rasul-Nya, bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Mengetahui"

Untuk itu, selain Kajian Tadabur Al-Qur'an, kami menghadirkan kajian rutin Majelis Shahih Bukhari, yang merupakan kitab hadits tershahih dari yang lainnya, ia tidak hanya dikaji dari segi ilmu hadits berupa pengenalan sanad, makna kosa kata dan kesimpulan hukumnya, tetapi lebih jauh berusaha mengurai berbagai petunjuk yang terkandung, agar kita merasakan betapa ia mampu menyentuh seluruh kehidupan kita, sehingga benar-benar menjadi petunjuk dan pedoman hidup.
Kajian perdananya diberi tema "Niat Hijrah", al-faqir berusaha mengurai petunjuk yang terdapat di dalam hadits pertamanya. Bahwa, kebaikan seseorang yang menghijrahkan dirinya, atau kesuksesan suatu karya dan amal terbaik, adalah terletak pada kebersihan hati, kelurusan niat, bahwa Allahlah pusat harapan dan cita-cita.

Ikuti kajian rutinnya setiap Ahad, 19.30 sd 21.00 di Masjid Al-Hidayah, perumahan Cipageran Asri, Cimahi Utara, Kota Cimahi, Jawa Barat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar