Petunjuk Rasulullah ﷺ dalam Ibadah
Kajian Fiqih Pilihan dari Ringkasan Zadul Ma'ad
Ruku’, I’tidal dan Sujud
Kemudian beliau mengangkat kedua tangannya dan bertakbir
dalam keadaan ruku, dan meletakkan kedua telapak tangannya di atas dua lututnya
seperti menggenggam keduanya. Beliau menegakkan kedua tangannya dan
menjauhkannya dari kedua lambungnya, membentangkan punggungnya, lurus, tidak
mendongakkan kepalanya dan tidak merendahkannya, tetapi sejajar dengan
punggungnya.
Beliau berdoa,
سُبْحَانَ رَبِّيَ الْعَظِيْمِ
“Maha Suci Tuhanku Yang Maha Agung”[1]
Terkadang menambahkan atau membaca secara tersendiri doa,
سُبْحَانَكَ اللهُمَّ رَبَّنَا وَبِحَمْدِكَ الَّلهُمَّ
اغْفِرْلِي
“Mahasuci Engkau ya Allah ya Tuhan kami, dan dengan
kemahaterpujian-Mu ya Allah ampunilah aku”[2]
Ruku’ beliau itu
seukuran membaca sepuluh tasbih, dan sujudnya pun begitu. Ashabus Sunan
meriwayatkan dari Anas, ia berkata : “Aku tidak shalat di belakang seseorang
setelah Rasulullah ﷺ yang lebih mirip shalatnya dengan
Rasulullah ﷺ kecuali pemuda ini, yakni Umar bin Abdul
Aziz, maka kami menghitung dalam rukunya sepuluh tasbih, dan dalam sujudnya pun
sepuluh tasbih.
Kemudian beliau
mengangkat kepalanya setelah itu sambil mengucapkan,
سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ
“Allah mendengar orang yang memujinya”
Sambil mengangkat kedua tangannya.
Telah meriwayatkan hadits “mengangkat kedua tangan” dari
beliau dalam tiga keadaan ini[3]
sekitar tiga puluh orang sahabat, dan sepuluh diantaranya meriwayatkan dengan
redaksi yang sama. Tidak kuat riwayat dari beliau selain itu sedikitpun.
Apabila telah tegak berdiri beliau membaca,
رَبَّنَا وَلَكَ الْحَمْدُ
“Ya Tuhan kami, dan milik Engkaulah segala puji”
Atau beliau membaca,
رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ
“Ya Tuhan kami, milik Engkaulah segala puji”
Atau beliau membaca,
اللَّهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ
“Ya Allah, ya Tuhan kami, milik Engkaulah segala puji”
Hal itu riwayatnya shahih dari beliau.
Merupakan petunjuk beliau memanjangkan rukun ini
(i’tidal) seukuran dengan ruku’ dan sujud. Shahih juga dari beliau bahwa beliau
membaca,
سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ، اللَّهُمَّ رَبَّنَا لَكَ
الْحَمْدُ مِلْءُ السَّموَاتِ وَمِلْءُ الْأَرْضِ وَمِلْءُ مَا شِئْتَ مِنْ شَيْءٍ
بَعْدُ، أَهْلَ الثَّنَاءِ وَالْمَجْدِ أَحَقُّ مَا قَالَ الْعَبْدُ وَكُلُّنَا لَكَ عَبْدٌ،
اللَّهُمَّ لَا مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ وَلَا مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ وَلَا
يَنْفَعُ ذَا الْجَدِّ مِنْكَ الْجَدُّ
“Allah mendengar orang yang memujinya. Ya Allah, ya
Tuhan kami! bagimu segala puji sepenuh langit dan bumi dan sepenuh apa yang
Engkau kehendaki dari sesuatu setelah langit dan bumi. Engkaulah yang berhak
mendapat pujian dan pengagungan yang seharusnya diucapkan oleh seorang hamba.
Dan semuanya bagi-Mu adalah hamba. Ya Allah! Tiada yang dapat menghalangi
apa-apa yang Engkau berikan dan tiada pula yang dapat memberi apa-apa yang
Engkau halangi dan tidak akan bermanfaat kedudukan orang yang punya kedudukan
(di dunia) ketika menghadapi siksaan-Mu.”[4]
Kemudian beliau bertakbir dan bersujud dengan tidak
mengangkat kedua tangannya, dan meletakkan kedua lututnya sebelum kedua
tangannya, kemudian meletakkan kedua tangannya, kemudian dahinya dan hidungnya.
Inilah yang shahih yang diriwayatkan oleh Syarik dari ‘Ashim bin Kulaib dari
ayahnya dari Wail bin Hujr : “Aku melihat Rasulullah ﷺ apabila
bersujud beliau meletakkan kedua lututnya sebelum kedua tangannya, dan apabila
bangkit beliau mengangkat kedua tangannya sebelum kedua lututnya, dan tidak
diriwayatkan dalam perbuatan beliau yang menyalahi hal itu.
Apabila bersujud beliau menempelkan dahi dan hidungnya ke
bumi dan menjauhkan kedua tangannya dari kedua lambungnya. Beliau menjauhkan
kedua tangannya dan meletakkannya sejajar dengan kedua bahunya dan kedua
telinganya. Dalam shahih Muslim dikatakan, “Apabila kamu bersujud, maka
letakkanlah kedua telapak tanganmu dan angkatlah kedua sikutmu.”
Beliau tegak di dalam sujudnya dan menghadapkan
ujung-ujung jari kedua kakinya ke arah kiblat. Beliau membentangkan kedua
telapak tangannya dan jari-jarinya, tidak merenggangkannya dan tidak
menggenggamnya. Di dalam shahih Ibnu Hibban dikatakan, “Apabila ruku beliau
merenggangkan jari-jarinya, dan apabila sujud beliau merapatkan jari-jarinya.”
Beliau berdoa,
سُبْحَانَ رَبِّيَ الْأَعْلَى
“Maha Suci Tuhanku Yang Maha Tinggi”[5]
Beliau juga berdoa,
سُبْحَانَكَ اللهُمَّ رَبَّنَا وَبِحَمْدِكَ الَّلهُمَّ
اغْفِرْلِي
“Mahasuci Engkau ya Allah ya Tuhan kami, dan dengan
kemahaterpujian-Mu ya Allah ampunilah aku”[6]
Beliau juga berdoa,
اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِرِضَاكَ مِنْ سَخَطِكَ
وَبِمُعَافَتِكَ مِنْ عُقُوْبَتِكَ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْكَ، لَا أُحْصِي ثَنَاءً
عَلَيْكَ أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ
“Ya Allah! Sesungguhnya aku berlindung dengan ridha-Mu
dari siksa-Mu dan dengan ampunan-Mu dari siksa-Mu. Dan aku berlindung dengan-Mu
dari siksa-Mu. Aku tidak dapat menghitung pujian atas-Mu sebagaimana Engkau
memuji diri-Mu sendiri.”[7]
Beliau juga berdoa,
اَللَّهُمَّ اغْفِرْلِي ذَنْبِي كُلَّهُ دِقَّهُ وَجِلَّهُ
وَأَوَّلَهُ وَآخِرَهُ وَعَلَانِيَتَهَ وَسِرَّهُ
“Ya Allah! Ampunilah aku, dosaku seluruhnya, yang kecil
dan yang besar, yang awal dan yang akhir, yang tampak dan yang tersembunyi.”[8]
Beliau memerintahkan untuk bersungguh-sungguh dalam berdoa
di saat sujud. Doa itu ada dua macam, yaitu doa pujian dan doa permohonan. Nabi
ﷺ di dalam sujudnya memperbanyak kedua
macam doa tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar