Minggu, 17 Maret 2019

Petunjuk Rasulullah ﷺ dalam Mengusap di atas dua Khuf

Petunjuk Rasulullah dalam Ibadah
Kajian Fiqih Pilihan dari Ringkasan Zadul Ma'ad


Petunjuk Rasulullah dalam Mengusap di atas dua Khuf
  
Telah shahih dari Rasulullah bahwa beliau mengusap di atas khuf dalam keadaan mukim dan safar. Tidak dinasakh (dihapus) sampai beliau wafat. Beliau memberi waktu bagi yang mukim satu hari satu malam dan bagi yang safar tiga hari tiga malam dalam beberapa hadits hasan dan shahih. Beliau mengusap bagian atas khuf, tidak shahih bahwa beliau mengusap bagian bawahnya, kecuali hal itu ada dalam hadits yang munqothi' (terputus sanadnya). Dan hadits-hadits yang shahih menunjukkan kebalikannya.
Beliau mengusap di atas dua kaos kaki dan dua sandal (yang menutupi mata kaki). Beliau mengusap di atas sorban secara khusus, atau bersama dengan ubun-ubun. Hal itu telah tetap dari Nabi berupa perbuatan dan perintah dalam beberapa hadits.
Beliau tidak memaksakan diri untuk berlawanan dengan kondisi kaki pada saat bersuci. Jika beliau sedang mengenakan dua khuf, beliau mengusap di atasnya tanpa melepaskannya, dan jika beliau tidak mengenakannya, beliau mencuci kakinya, beliau tidak memakai khuf semata-mata agar bisa mengusap di atasnya. Inilah pendapat yang paling adil dalam permasalahan keafdholan dari mengusap dan mencuci. Hal ini dinyatakan oleh Syekh kami (Ibnu Taimiyyah). Wallahu A'lam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar