Petunjuk Rasulullah ﷺ dalam Ibadah
Kajian Fiqih Pilihan dari Ringkasan Zadul Ma'ad
Petunjuk Rasulullah ﷺ dalam Shalat (4)
Beberapa keadaan dalam Shalat Rasulullah ﷺ
Apabila Rasulullah ﷺ berdiri di
dalam shalat, beliau menundukkan kepala beliau – hal ini disebutkan oleh imam
Ahmad -, beliau tidak memejamkan matanya, tetapi melihat ke tempat sujudnya.
Dalam tasyahud, pandangan beliau tidak melewati isyarat telujuknya. Sungguh
shalat telah dijadikan sebagai penentram dan penyejuk mata beliau. Beliau bersabda
: “Istirahatkanlah (tentramkanlah) kami dengan shalat wahai Bilal!”[1]
“Dan telah dijadikan penyejuk mataku di dalam shalat.”[2]
Bersamaan dengan hal itu, beliau tidak sibuk dengan dirinya sendiri, tetapi
juga memperhatikan keadaan para ma’mum dan selain mereka, meskipun tetap
disertai kesempurnaan dalam menghadap dan mendekatkan diri kepada Allah, menghadirkan
hati dengan sepenuhnya di hadapan Allah.
Pernah suatu ketika beliau hendak melaksanakan shalat,
beliau ingin memanjangkan bacaannya, tiba-tiba beliau mendengar tangisan bayi,
maka beliau meringankannya karena khawatir memberatkan ibu bayi tersebut.
Pernah juga beliau melaksanakan shalat sambil memikul Umamah binti Abu Al-‘Ash
bin Rabi’ putri dari putri beliau (Zainab binti Rasulullah ﷺ). Apabila beliau berdiri, beliau memikulnya, dan apabila ruku
dan sujud beliau meletakkannya. Pernah juga Hasan atau Husain datang lalu
menaiki punggung beliau, maka beliau memanjangkan sujud khawatir membuatnya terjatuh
dari punggung beliau.
Suatu ketika beliau sedang melaksanakan shalat, lalu
Aisyah datang dengan suatu keperluan, sedangkan pintu tertutup, maka beliau
berjalan membukakan pintu, lalu kembali kepada shalat.
Beliau menjawab salam dengan isyarat kepada orang yang
mengucapkan salam kepada beliau ketika beliau sedang shalat. Jabir radhiyallahu
‘anhu berkata : “Rasulullah ﷺ mengutusku
untuk menunaikan suatu keperluannya, kemudian aku mendapatinya sedang shalat,
aku mengucapkan salam kepada beliau, beliau berisyarat kepadaku”. Hal itu
disebutkan oleh imam Muslim di dalam shahihnya.[3]
Di dalam sunan dan musnad dari hadits Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhu bahwa
beliau berisyarat dengan tangannya.[4]
Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata : “Ketika aku datang dari
Habasyah, aku mendatangi Rasulullah ﷺ sedang shalat,
lalu aku mengucapkan salam kepadanya, lalu beliau berisyarat dengan kepala
beliau”, sebagaimana disebutkan oleh Al-Baihaqi.[5]
Ketika beliau sedang shalat, Aisyah menghalangi antara
beliau dengan kiblat, apabila beliau bersujud, beliau menggeserkannya dengan
tangannya, lalu Aisyah menahan kedua kakinya, apabila beliau berdiri, Aisyah
kembali membentangkan kedua kakinya.[6]
Beliau juga pernah shalat di atas mimbar dan melaksanakan
ruku di atasnya, apabila tiba waktu untuk sujud, beliau turun secara perlahan
lalu sujud di atas lantai, kemudian beliau kembali naik di atasnya.[7]
Beliau sedang shalat menghadap dinding, tiba-tiba datang
seekor binatang akan melewat di hadapan beliau, beliau terus menerus
menghalanginya sampai beliau menempelkan perut beliau ke dinding dan binatang
tersebut lewat di belakang beliau.[8]
Beliau juga pernah sedang shalat, tiba-tiba datang dua
orang anak perempuan berkelahi, lalu beliau mengambil keduanya dengan tangan
beliau dan memisahkan keduanya, dan beliau tidak berpaling dari shalat beliau.[9]
Beliau menangis di dalam shalat, beliau juga pernah
berdehem di dalam shalat. Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu berkata
: “Pada suatu waktu aku pernah mendatangi Rasulullah ﷺ, apabila aku
mendatanginya aku meminta izin kepadanya. Jika aku mendapati beliau dalam
keadaan shalat lalu berdehem, maka aku masuk, dan jika aku mendapati beliau
tidak sedang shalat, beliau mengizinkanku masuk. Hal itu disebutkan oleh Ahmad
dan Nasai.[10]
Beliau shalat kadang tanpa mengenakan sandal dan kadang
sambil mengenakan sandal, dan beliau memerintahkan untuk memakai sandal agar
berbeda dengan orang-orang Yahudi.[11]
Beliau membaca qunut pada saat terjadi
peristiwa-peristiwa besar (qunut nazilah) secara khusus, yaitu untuk mendoakan
kebaikan bagi suatu kaum, dan mendoakan keburukan bagi kaum yang lainnya.
Apabila peristiwa tersebut berhenti, maka beliau pun berhenti membaca qunut.
Tidak khusus pada shalat shubuh saja, tetapi disebutkan bahwa beliau membacanya
pada shalat Shubuh dan Maghrib. Sebagaimana disebutkan oleh Bukhari dan Muslim.[12]
Imam Ahmad menyebutkan dari Ibnu Abbas radhiyallahu
‘anhu ia berkata : “Rasulullah ﷺ qunut satu
bulan berturut-turut dalam shalat zhuhur, Ashar, Maghrib, Isya dan Shubuh dalam
setiap akhir shalat, yaitu apabila beliau mengucapkan “sami’allahu liman
hamidah” dari rakaat terakhir beliau mendoakan keburukan terhadai
sekelompok orang dari Bani Salim, dan ma’mum yang di belakang beliau
mengaminkannya. Hal itu diriwayatkan juga oleh Abu Dawud.[13]
Inilah yang benar di dalam qunut beliau yang terikat dengan peristiwa-peristiwa
besar yang terjadi. Adapun riwayat yang menyebutkan bahwa beliau senantiasa melaksanakan
qunut, maksudnya adalah memanjangkan doa dan pujian yang dibaca pada setiap berdiri
setelah beliau ruku’.
[1] HR. Abu Dawud no. 4985
[2] HR. An-Nasai 7/61
[3] HR. Muslim no. 540
[4] HR. Abu Dawud no. 928, Tirmidzi no. 368
[5] HR. Baihaqi 2/260
[6] HR. Bukhari no.328, Muslim no. 512
[7] HR. Bukhari no.917, Muslim 544
[8] HR. Abu Dawud no. 708
[9] HR. Abu Dawud no. 716, Ahmad 1/235, Nasai 2/65
[10] HR. Ahmad 1/80, Nasai 3/12
[12] HR. Bukhari no. 1001, Muslim no. 678
[13] HR. Abu Dawud no. 1443, Ahmad 1/301
Tidak ada komentar:
Posting Komentar