Jumat, 22 Maret 2019

Petunjuk Rasulullah ﷺ dalam Shalat (4)


Petunjuk Rasulullah dalam Ibadah
Kajian Fiqih Pilihan dari Ringkasan Zadul Ma'ad

Petunjuk Rasulullah dalam Shalat (4)  


Beberapa keadaan dalam Shalat Rasulullah

Apabila Rasulullah berdiri di dalam shalat, beliau menundukkan kepala beliau – hal ini disebutkan oleh imam Ahmad -, beliau tidak memejamkan matanya, tetapi melihat ke tempat sujudnya. Dalam tasyahud, pandangan beliau tidak melewati isyarat telujuknya. Sungguh shalat telah dijadikan sebagai penentram dan penyejuk mata beliau. Beliau bersabda : “Istirahatkanlah (tentramkanlah) kami dengan shalat wahai Bilal!”[1] “Dan telah dijadikan penyejuk mataku di dalam shalat.”[2] Bersamaan dengan hal itu, beliau tidak sibuk dengan dirinya sendiri, tetapi juga memperhatikan keadaan para ma’mum dan selain mereka, meskipun tetap disertai kesempurnaan dalam menghadap dan mendekatkan diri kepada Allah, menghadirkan hati dengan sepenuhnya di hadapan Allah.
Pernah suatu ketika beliau hendak melaksanakan shalat, beliau ingin memanjangkan bacaannya, tiba-tiba beliau mendengar tangisan bayi, maka beliau meringankannya karena khawatir memberatkan ibu bayi tersebut. Pernah juga beliau melaksanakan shalat sambil memikul Umamah binti Abu Al-‘Ash bin Rabi’ putri dari putri beliau (Zainab binti Rasulullah ). Apabila beliau berdiri, beliau memikulnya, dan apabila ruku dan sujud beliau meletakkannya. Pernah juga Hasan atau Husain datang lalu menaiki punggung beliau, maka beliau memanjangkan sujud khawatir membuatnya terjatuh dari punggung beliau. 
Suatu ketika beliau sedang melaksanakan shalat, lalu Aisyah datang dengan suatu keperluan, sedangkan pintu tertutup, maka beliau berjalan membukakan pintu, lalu kembali kepada shalat.
Beliau menjawab salam dengan isyarat kepada orang yang mengucapkan salam kepada beliau ketika beliau sedang shalat. Jabir radhiyallahu ‘anhu berkata : “Rasulullah mengutusku untuk menunaikan suatu keperluannya, kemudian aku mendapatinya sedang shalat, aku mengucapkan salam kepada beliau, beliau berisyarat kepadaku”. Hal itu disebutkan oleh imam Muslim di dalam shahihnya.[3] Di dalam sunan dan musnad dari hadits Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhu bahwa beliau berisyarat dengan tangannya.[4] Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata : “Ketika aku datang dari Habasyah, aku mendatangi Rasulullah sedang shalat, lalu aku mengucapkan salam kepadanya, lalu beliau berisyarat dengan kepala beliau”, sebagaimana disebutkan oleh Al-Baihaqi.[5]
Ketika beliau sedang shalat, Aisyah menghalangi antara beliau dengan kiblat, apabila beliau bersujud, beliau menggeserkannya dengan tangannya, lalu Aisyah menahan kedua kakinya, apabila beliau berdiri, Aisyah kembali membentangkan kedua kakinya.[6]
Beliau juga pernah shalat di atas mimbar dan melaksanakan ruku di atasnya, apabila tiba waktu untuk sujud, beliau turun secara perlahan lalu sujud di atas lantai, kemudian beliau kembali naik di atasnya.[7]
Beliau sedang shalat menghadap dinding, tiba-tiba datang seekor binatang akan melewat di hadapan beliau, beliau terus menerus menghalanginya sampai beliau menempelkan perut beliau ke dinding dan binatang tersebut lewat di belakang beliau.[8]
Beliau juga pernah sedang shalat, tiba-tiba datang dua orang anak perempuan berkelahi, lalu beliau mengambil keduanya dengan tangan beliau dan memisahkan keduanya, dan beliau tidak berpaling dari shalat beliau.[9]
Beliau menangis di dalam shalat, beliau juga pernah berdehem di dalam shalat. Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu berkata : “Pada suatu waktu aku pernah mendatangi Rasulullah , apabila aku mendatanginya aku meminta izin kepadanya. Jika aku mendapati beliau dalam keadaan shalat lalu berdehem, maka aku masuk, dan jika aku mendapati beliau tidak sedang shalat, beliau mengizinkanku masuk. Hal itu disebutkan oleh Ahmad dan Nasai.[10]
Beliau shalat kadang tanpa mengenakan sandal dan kadang sambil mengenakan sandal, dan beliau memerintahkan untuk memakai sandal agar berbeda dengan orang-orang Yahudi.[11]
Beliau membaca qunut pada saat terjadi peristiwa-peristiwa besar (qunut nazilah) secara khusus, yaitu untuk mendoakan kebaikan bagi suatu kaum, dan mendoakan keburukan bagi kaum yang lainnya. Apabila peristiwa tersebut berhenti, maka beliau pun berhenti membaca qunut. Tidak khusus pada shalat shubuh saja, tetapi disebutkan bahwa beliau membacanya pada shalat Shubuh dan Maghrib. Sebagaimana disebutkan oleh Bukhari dan Muslim.[12] 
Imam Ahmad menyebutkan dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu ia berkata : “Rasulullah qunut satu bulan berturut-turut dalam shalat zhuhur, Ashar, Maghrib, Isya dan Shubuh dalam setiap akhir shalat, yaitu apabila beliau mengucapkan “sami’allahu liman hamidah” dari rakaat terakhir beliau mendoakan keburukan terhadai sekelompok orang dari Bani Salim, dan ma’mum yang di belakang beliau mengaminkannya. Hal itu diriwayatkan juga oleh Abu Dawud.[13] Inilah yang benar di dalam qunut beliau yang terikat dengan peristiwa-peristiwa besar yang terjadi. Adapun riwayat yang menyebutkan bahwa beliau senantiasa melaksanakan qunut, maksudnya adalah memanjangkan doa dan pujian yang dibaca pada setiap berdiri setelah beliau ruku’.


[1] HR. Abu Dawud no. 4985
[2] HR. An-Nasai 7/61
[3] HR. Muslim no. 540 
[4] HR. Abu Dawud no. 928, Tirmidzi no. 368
[5] HR. Baihaqi 2/260
[6] HR. Bukhari no.328, Muslim no. 512
[7] HR. Bukhari no.917, Muslim 544
[8] HR. Abu Dawud no. 708
[9] HR. Abu Dawud no. 716,  Ahmad 1/235, Nasai 2/65
[10] HR. Ahmad 1/80, Nasai 3/12
[11] Hal tersebut karena di zaman Rasulullah lantainya berupa kerikil
[12] HR. Bukhari no. 1001, Muslim no. 678
[13] HR. Abu Dawud no. 1443, Ahmad 1/301

Tidak ada komentar:

Posting Komentar