Selasa, 04 Juli 2017

Oleh-oleh I'tikaf 1438 H


Bulan Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al-Qur'an, Rasulullah saw mencontohkan dan para ulama mentradisikan di bulan Ramadhan untuk memfokuskan membersamai Al-Qur'an dengan kebersamaan yang lebih. Maka terkhusus di sepuluh hari terakhir Ramadhan dalam kegiatan I'tikaf, digali petunjuk-petunjuk Al-Qur'an agar dapat menerangi kehidupan. Sehingga ia menjadi petunjuk (hudan), penjelas (bayyinat) dan pembeda (furqan).

Di I'tikaf kali ini (1438 H) di gali petunjuk-petunjuk Surat Al-Kahfi sebagai lanjutan dari tahun sebelumnya. Jika tahun sebelumnya digali dari kisah Ashabul Kahfi, maka kali ini digali kisah-kisah besar berikutnya, yaitu Pemilik dua kebun, Nabi Musa dan Nabi Khidir dan Dzul Qornain. 

Empat kisah beserta pelajaran-pelajarannya yang dibahas dalam surat Al-Kahfi ini menampilkan suatu model dari bangunan umat. Dimana umat Islam dapat dibangun jika empat pilar yang tercermin dalam empat kisah ini dapat ditegakkan. Kisah Ashabul Kahfi memberikan potret pilar 'AMAL JAMA'I (Kerjasama/Team Work), kisah pemilik dua kebun (Shohibul Jannatain) memberikan potret tentang pilar HARTA, kisah Nabi Musa dan Nabi Khidir as memberikan potret tentang pilar ILMU, dan kisah Dzul Qornain memberikan potret pilar KEKUASAAN / KEPEMIMPINAN.

Bagi yang ingin mendapatkan oleh-olehnya silahkan ikuti kajiannya. Semoga bermanfaat.












  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar